• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Feedback Partner (Umpan Balik) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015.

    Thumbnail
    View/Open
    Debora Panjaitan.pdf (358.4Kb)
    Date
    2015-08-21
    Author
    Panjaitan, Debora
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai penulis yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015 dan sesuai uraian analisis data.diperoleh: Nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 77.76. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata hasil Post-Test pada kelas eksperimen 84.36. Sehingga disimpulkan kemampuan komuniakasi matematika siswa termasuk kategori baik. Persamaan regresi sederhana diperoleh Y ̂ = 47.3105 + 0.9099 X yang artinya model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) dan kemampuan komunikasi matematika mempunyai hubungan linier yang positif. Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan rumus Product Momen diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.455 yang artinya ada hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh (r^2) = 0.396 yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 39.6 %. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 1 Bor-bor T.A 2014/2015. Sehingga model pembelajaran Feedback Partner (umpan balik) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/486
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback