PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SITUS JUAL BELI SHOPEE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online pada situs jual beli shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki akun shopee. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan khusus sehingga layak dijadikan sampel dengan simple Slovin dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 99 responden. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen.Untuk variabel independen (X) meliputi: Kepercayaan (X1) dan Kemudahan (X2) dan variabel dependen Keputusan pembelian (Y).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan persamaan yang dapat pada penlitian ini adalah Y=0,486+0,603X1+0,491X2 dapat disimpulkan nilai konstanta sebesar 0,486 merupakan bnilai konsistensi variabel keputusan pembelian Mahasiswa/I fakultas ekonomi sebesar 0,486. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan Uji-t (X1) t hitung 11,075 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan X1 =0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), Uji -t (X2) 14,842 > t tabel 1,985 dan nilai signifikan X2=0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Uji F Nilai F hitung =233,790 > F tabel 3,09 dan nilai signifikan =0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh variabel Kepercayaan (X1) dan Kemudahan (X2) secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,830 yang artinya bahwa kemampuan variabel independen ( Kepercayaan dan kemudahan) dalam menjelaskan variabel dependen (Keputusan pembelian) adalah sebesar 83 % dan sisanya 17 % dijelaskan oleh varibael lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Saran pada penelitian ini adalah aplikasi Shopee dapat meningkatkan kepercayaan mengenai produk jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Kata kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan Pembelian.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]