Hubungan Kemampuan Membaca Majalah Terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola Oleh Siswa SMP Negeri 7 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kemampuan membaca majalah terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola oleh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 Orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pilihan berganda untuk mendapatkan data kemampuan membaca dan tes menceritakan tokoh idola dalam bentuk penugasan. Untuk melihat hubungan kemampuan membaca majalah terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola digunakan rumus korelasi product moment sebagai berikut:
Rxy = (N ∑XY-(∑X)(∑Y))/√({N(∑X^2-(∑〖X)〗^2 }{N(∑Y^2-(∑〖Y)〗^2 } )
Dari hasil analisis data yang digunakan diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca 77,0 dan nilai rata-rata kemampuan menceritakan tokoh idola 72,60.
Dari hasil perhitungan pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh r hitung 0,446 dan r tabel 0,273. Ternyata r hitung > r tabel (0,446 > 0,273). Berdasarkan uji hipotesis maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara kemampuan membaca majalah terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola bagi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pangaribuan T. Pembelajaran 2014/2015.