• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Self Directed Learning Dengan Menggunakan Media Visual (power point) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015.

    Thumbnail
    View/Open
    Betaria Hutajulu.pdf (448.4Kb)
    Date
    2015-07-29
    Author
    Hutajulu, Betaria.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran Self Directed Learning dengan menggunaka media visual (power point) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-6 pada pokok bahasan bangun ruang kubus di SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII-6 yang berjumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh LHitung = 0,11 jika dibandingkan Ltabel = 0,15 untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan komunikasi matematika siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji regresi diperoleh FHitung = 6.73 dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Self Directed Learning dengan menggunakan media visual (power point) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang kubus di SMP Negeri 18 Medan. sebesar 54.08% dijelaskan melalui hubungan .
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/482
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback