• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Kemampuan Kreativitas Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Metode Guided Discovery dan Metode Course Review Horay Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Novita Yulidar.pdf (476.8Kb)
    Date
    2016-09-22
    Author
    Silaban, Novita Yulidar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Kreativitas Matematka Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Metode Guided Discovery dan Metode Course Review Horay pada Pokok Bahasan Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas yang diambil secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII-1 eksperimen 2, dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan Metode Guided Discovery, Kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan Metode Course Review Horay, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata kemampuan kreativitas matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Guided Discovery adalah 72,33, skor rata-rata kemampuan kreativitas matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Course Review Horay adalah 70, dan skor rata-rata kemampuan kreativitas matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional adalah 61. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians diperoleh F hitung sebesar 3,71 dan F table 3,10. Ternyata diperoleh F hitung > F table sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan dilanjutkan kembali dengan uji Tukey dimana QA sebesar 6,64, QB sebesar 32,23 dan QC sebesar 25,29 dimana Q table sebesar 3,48. Karena harga Q yang lebih besar dari Q table maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan kemampuan kreativitas siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Guided Discovery dan metode Course Review Horay dan metode Konvensional pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/480
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback