EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ILMU, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (ILTM) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH PINEM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model ILTM Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XSMANegeri 1 Tanah Pinem Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pinem Tahun Pembelajaran 2014-2015 yang berjumlah 72 orang yang terdiri dari dua kelas dengan ketentuan kelas X IPA-1sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA -2 sebagai kelaskontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok yakni kelompok yang diberikan pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan model ILTM (kelompok eksperimen) dan kelompok yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah (kelompok kontrol). Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian berupa tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis karangan deskripsi “Linngkungan Sekolah”.
Dari hasil penelitian ini berdasarkan teknik analisis data dan uji statistik, diketahui kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model ILTMtermasuk dalam kategori (Baik) dengan mean 75,13. Kemampuan menulis karangan deskripsidengan metode ceramah termasuk dalam kategori(Cukup Baik) dengan mean 66,11. Kemudian berdasarkan penghitungan dengan uji “t” diperoleh nilai thitung = 3,93 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) -2 = (36+36) - 2= 70. Maka pada tabel dk = 70diperoleh taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar 2,00 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 2,65. Oleh karena itu to yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 2,00 <3,93> 2,65.. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan Model ILTMlebih efektif dibandingkan dengan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan metode ceramah.