• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Bantuan Software Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Peran Aktif Siswa di SMP Negeri 4 Lintongnihuta

    Thumbnail
    View/Open
    Issugianti Sianturi.pdf (311.6Kb)
    Date
    2016-08-26
    Author
    Sianturi, Issugianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan bantuan software matematika efektif meningkatkan minat dan peran aktif siswa pada materi kubus dan balok di SMP N.4 Lintongnihuta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Negeri 4 Lintongnihuta T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 siklus.. Adapun Instrumen Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan peran aktif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lintongnihuta mengalami peningkatan setelah diajar dengan Model kooperatif tipe CIRC pada materi kubus dan balok. Hal tersebut tampak dari skor rataan hasil angket minat setiap siswa mengalami peningkatan minat siswa disetiap siklus. Keaktifan belajar siswa di kelas VIII Negeri 4 Lintongnihuta juga mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari hasil observasi keaktifan siswa dari siklus 1 pertemuan 1 dan 2 sampai ke siklus II pertemuan 3 dan 4 selalu mengalami peningkatan siswa yang aktif. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini tampak pada tes hasil belajar diakhir siklus I (postest I) ketuntasan belajar siswa secara individual terdapat 22 siswa yang tuntas dalam belajar yang memproleh NHB ≥ 65% dan 8 siswa belum tuntas dalam belajar, ketuntasan belajar secara klasikal adalah sebesar 73,33% dan nilai rata-rata siswa yang diperoleh dari 30 orang siswa pada postest I ini adalah adalah 71,03. Namun karena hasil belajar siswa di siklus I belum mencapai target minimal penilaian hasil belajar yaitu 85% siswa memperoleh nilai ≥ 65, maka perlu perbaikan program pengajaran sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar individual yaitu 27 siswa yang tuntas dalam belajar karena memiliki NHB ≥ 65% dan 3 siswa belum tuntas dalam belajar karena memilki NHB < 65% dan ketuntasan secara klasikal adalah sebesar 90% serta nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II ini adalah 78,57.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/475
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback