EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PQRST TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA PADA SURAT KABAR OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan metode PQRST ( Preview, Question, Read, Summerie, Test) dalam membaca pemahaman teks berita pada surat kabar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 100 orang. Sampel penelitian adalah 50 siswa dengan rincian 25 siswa yang menggunakan metode PQRST dan 25 siswa yang menggunakan metode ceramah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan claster random sampling.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (percobaan), yakni menguji keefektivan penggunaan metode PQRST dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman teks berita pada surat kabar. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan membaca pemhaman teks berita pada surat kabar yang menggunakan metode PQRST adalah baik dengan nilai rata-rata 74,80. Kemampuan membaca pemahaman teks berita pada surat kabar yang menggunakan metode ceramah adalah cukup dengan nilai rata-rata 64,20. Selanjutnya penggunaan metode PQRST lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks berita pada surat kabar yang oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 . Ini diperkuat dari hasil uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yakni 5,96>1,674