• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Probing Promting dalam meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2013/2014..

    Thumbnail
    View/Open
    Rosenta.pdf (237.5Kb)
    Date
    2015-08-15
    Author
    Rosenta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Probing Promting terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat bagi siswa kelas X IPA -1 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 120 orang. Sampel dalam peneltian ini sebanyak 60 diambil dari kelas X IPA -1 dan kelas X IPS -2 SMA Negeri 2 Tebing tinggi. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes penugasan untuk melihat kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67 Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus: 〖 t〗_o = M_(1- M_2 )/〖SE〗_(M_(1- M_2 ) ) Dari analisis data menggunakan uji “t” diperoleh t_(hitung )= 7,09, selanjutnya dikonsultasikan denga tabel pada taraf signifikan 5% atau dengan df = (N1 + N2)-2 = 58. Pada tabel t dengan df =58 diperoleh t_(tabel ) pada taraf signifikan 5%= 1,658 dan pada taraf signifikansi 1%= 2,390. kriteria pengujian menyatakan bahwa terima hipotesis jika thitung > ttabel yaitu 1,66 < 7,09>2,40, maka hipotesis penelitian yang diajukan yakni Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing Promting lebih efektif daripada metode pembelajaran ceramah dalam meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/463
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback