“Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015”.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Parulian1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Penelitian ini akan dilakukan di SMP swasta Parulian 1 Medan yang beralamat di jalan teladan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Parulian1 Medan yang berjumlah 101 orang yang dibagi menjadi 3 kelas.
Pengambilan data dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah objektif tes pada penguasaan kalimat efektif dan tes penugasan pada menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas.Yang menjadi sampel penelitian berjumlah 25 orang yang diambil secara random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks berita. Pada tes awal diperoleh skor rata - rata 75,76 dengan kategori nilai rata - rata adalah B (Baik). Langkah berikutnya melakukan tes kedua dan pada tes kedua diperoleh skor rata - rata 76,36 dengan kategori nilai rata - rata adalah B (Baik). Hal ini berarti siswa telah memenuhi standar tujuan pembelajaran. Tes akhir lebih tinggi dari tes awal, dari hasil perhitungan kolerasi product moment dengan rumus:
rxy=
Diperoleh rxy sebesar 0,643 sedangkan r table dengan N = 25 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,396 dan 1% sebesar 0,505. Oleh karena r table < rxy > r tabel (0,396 < 0,643 > 0,505), maka dikatakan hipotesis penelitian yang diajukan terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.