• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015”.

    Thumbnail
    View/Open
    Betaria Feronika Silalahi.pdf (353.6Kb)
    Date
    2015-08-15
    Author
    Silalahi, Betaria Feronika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Parulian1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini akan dilakukan di SMP swasta Parulian 1 Medan yang beralamat di jalan teladan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Parulian1 Medan yang berjumlah 101 orang yang dibagi menjadi 3 kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah objektif tes pada penguasaan kalimat efektif dan tes penugasan pada menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas.Yang menjadi sampel penelitian berjumlah 25 orang yang diambil secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks berita. Pada tes awal diperoleh skor rata - rata 75,76 dengan kategori nilai rata - rata adalah B (Baik). Langkah berikutnya melakukan tes kedua dan pada tes kedua diperoleh skor rata - rata 76,36 dengan kategori nilai rata - rata adalah B (Baik). Hal ini berarti siswa telah memenuhi standar tujuan pembelajaran. Tes akhir lebih tinggi dari tes awal, dari hasil perhitungan kolerasi product moment dengan rumus: rxy= Diperoleh rxy sebesar 0,643 sedangkan r table dengan N = 25 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,396 dan 1% sebesar 0,505. Oleh karena r table < rxy > r tabel (0,396 < 0,643 > 0,505), maka dikatakan hipotesis penelitian yang diajukan terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.  
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/461
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback