• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas metode Number Heads Together Dibanding Metode Learning Start With A Question Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Amelinda Simanjuntak.pdf (386.2Kb)
    Date
    2014-08-28
    Author
    Simanjuntak, Amelinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: “Mengetahui efektivitas metode Number Heads Together dibanding dengan metode Learning Start With A Question terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar. Sampel terdiri dari 56 orang yaitu 28 siswa kelas VII-3 sebagai kelas dengan Number Heads Together (NHT) dan 28 siswa kelas VII-3 sebagai kelas dengan metode Learning Start With A Question (LSQ) Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas Number Heads Together adalah 26,21 dan nilai rata-rata hasil pretes pada kelas LSQ adalah 25,04. Dari hasil analisis data pretes kelas NHT diperoleh L0 = 0,1365 < Ltabel = 0,1641, dan data pretes kelas LSQ diperoleh L0 = 0,1558 < Ltabel = 0,1641. Sehingga disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel tidak homogen, dimana Fhitung = 1,98 < Ftabel = 2,015. Dan uji hipotesis data pretes kedua sampel diperoleh thitung = 0,35720, > ttabel = 0,987, artinya H0 diterima sehingga kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas NHT adalah 70,89 dan nilai rata-rata hasil postes kelas LSQ adalah 62,79. Dari uji homogenitas data postes, kedua sampel tidak homogen, dimana Fhitung = 2,0575 > Ftabel = 1,8638. Dari hasil analisis data postes kelas NHT diperoleh L0 = 0,0924 < Ltabel = 0,1641, dan data postes kelas LSQ diperoleh L0 = 0,1123 < Ltabel = 0,1641. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dan uji hipotesis data postes kedua sampel diperoleh thitung (2,530) > ttabel (0,987), artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode NHT lebih baik dibanding dengan yang menggunakan metode LSQ pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015. Dari nilai rata-rata uji n-gain diperoleh pada kelas NHT adalah 0,67 lebih tinggi daripada kelas LSQ sebesar 0,51. Hasil belajar pada kelas NHT melebihi ketuntasan hasil belajar.Hal ini menunjukkan bahwa metode NHT lebih efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Tahun Ajaran 2014/2015.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/460
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback