• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Personalized System of Instruction (PSI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.P 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Chandra Saptanto.pdf (233.1Kb)
    Date
    2015-01-15
    Author
    Situmeang, Chandra Saptanto Juraganda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Personalized System of Instruction (PSI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.P 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-6 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh jika dibandingkan untuk pada taraf signifikan ternyata maka kemampuan komunikasi matematika siswa tersebut berdistribusi normal. Hasil uji signifikasi regresi model Personalized System of Instruction (PSI) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh dan ternyata , sehingga persamaan regresi dinyatakan berarti pada taraf signifikan . Pada uji linieritas regresi diperoleh dan maka , sehingga persamaan regresi dinyatakan linear. Dari hasil uji signifikasi regresi dan uji linieritas regresi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Personalized System of Instruction (PSI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada materi bangun datar segi empat di kelas VII SMP Negeri 17 Medan. Kontribusi model Personalized System of Instruction (PSI) dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar segi empat sebesar 18,88% dijelaskan melalui hubungan .
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/454
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback