• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING(TAPPS) DI DUKUNG TEORI BELAJAR JEROME BRUNER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Beril Valentina.pdf (478.6Kb)
    Date
    2014-08-28
    Author
    Sinaga, BERIL VALENTINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran, termasuk matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta keterampilan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai hal tersebut, maka guru sebagai tenaga pendidik termasuk guru matematika perlu mengupayakan agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efesien yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas peserta didik yang memiliki kemampuan pemahaman konsep siswa. Untuk itu guru harus mampu mengelola kelas dengan baik dan memilih serta menerapkan metode maupun model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran. Model pembelajaran juga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) yang didukung teori belajar Jerome Bruner terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan balok di kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Sampel terdiri dari 25 orang yaitu siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas yaitu 0.579 dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 83.2. Dari hasil analisis data observasi kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0.0962 dan Ltabel = 0.173 atau Lhitung< Ltabel. Sehingga disimpulkan data observasi kelas esperimen berdistribusi normal. Nilai rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen 87.88. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0.1292 dan Ltabel = 0.173 atau Lhitung< Ltabel. Sehingga disimpulkan data post-test kelas esperimen berdistribusi normal. Dan uji hipotesis data post-test pada sampel diperoleh Fhitung = 9.7574, artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan balok di Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/443
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback