• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Teori Ausubel Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Dikelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2013/1014

    Thumbnail
    View/Open
    Rut Christi.pdf (340.9Kb)
    Date
    2015-01-01
    Author
    Simanjorang, Rut Christi Yanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori ausubel menggunakan metode Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Dikelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2013/1014. Jenis penelitian yang dingunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang dingunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa adalah tes bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh Lhitung = 0.1496. dengan n = 20 dan taraf signifikan α= 0,05 didapat Ltabel = 0,1706. Dengan membandingkan Lhitung = 0.1496 terhadap Ltabel = 0,1706 maka Lhitung < Ltabel . Maka disimpulkan bahwa data observasi kelas eksperimen berdistribusi normal. Karena data berdistribusi normal maka dilakukan uji kelinearan regresi. Berdasarkan skor hasil kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh hasil uji kelinearan regresi dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,112 sedangkan Ftabel untuk signifikansi 5% = 2,90, dengan demikian harga Fhitung < dari harga Ftabel yaitu1,112 < 2,90. Ini berarti, H0 diterima sehingga harga Fhitung adalah non signifikan. Dengan demikian,hubungan antara metode pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (X) dan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa Y adalah linier. Oleh karena itu, pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji keberartian regresi dan diperoleh Fhitung = 168,4984 dan jika dibandingkan dengan harga t tabel statistika kurva sebaran t yakni Ftabel = 4,41 ternyata Fhitung>Ftabel yaitu 168,4984 > 4,41,sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternative diterima,sehingga harga Fhitung adalah signifikan. Dengan demikian,terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Tipe Teams Games Tournament(X) dan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa (Y). Kontribusi metode pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok sebesar 89,9891% dijelaskan melalui hubungan = - 103,68 + 2,17X.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/442
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback