• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Model Needham Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat T.P 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Endang Hutauruk.pdf (404.6Kb)
    Date
    2014-09-29
    Author
    Hutauruk, Endang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan konstruktivisme model Needham terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Swasta Methodist 1 Rantauprapat Tahun pengajaran 2014/2015. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi ( Y) ̂=24,511+0,735 X, Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear b = 0,735 bertanda positif artinya kedua variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dan jika pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme model Needham naik sebesar 1 satuan akan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel sebesar 0,735. Hasil uji linearitas regresi sampel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,74 sedangkan Ftabel = F_(0,05;(5:23) ) = 2,64 ternyata F_hitung < F_tabel, maka bentuk hubungannya linear dan berarti terhadap kemampuan berpikir kreatif. Uji regresi F_(hitung ) = 51,65 sedangkan F_tabel= F_(0,05;(1;28) ) = 4,20 dimana 〖 F〗_hitung > F_tabel , maka ada pengaruh yang berarti antara pendekatan konstruktivisme model Needham dan kemampuan berpikir kreatif matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,805 artinya terdapat hubungan yang kuat/tinggi antara pendekatan kosntruktivisme model Needham dan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian koefisien determinasi r^(2 ) = 0,6484 atau 64,84% yang artinya kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh indikator pendekatan konstruktivisme model Needham sebesar 64,84% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain. Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme model Needham diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/440
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback