• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPELIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DIKELAS VII SMP SWASTA METHODIST 1 RANTAUPRAPAT T.P 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Leny Gestart.pdf (537.8Kb)
    Date
    2014-07-29
    Author
    CICILYA, LENY GESTART
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran (active learning) tipe lightening the learning climate untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Operasi Hitung Pecahan dikelas VII SMP Swasta Methodist 1 Rantau Prapat T.P 2014/2015. Berdasarkan analisis regresi diperoleh persamaan regresi ( Y) ̂=19,195+0,772 X, Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linear b = 0,772 bertanda positif artinya kedua variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dan jika pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe lightening the learning climate naik sebesar 1 satuan akan meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok Operasi Hitung Pecahan sebesar 0,772. Hasil uji linearitas regresi sampel dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 0,25, sedangkan Ftabel = F_(1-0,05;12,16) = 2,42 ternyata F_hitung < F_tabel, maka bentuk hubungannya linear dan berarti terhadap prestasi belajar. Uji keberartian regresi F_(hitung ) = 72,25 sedangkan F_tabel= F_(1-0,05;1,28) = 4,20 dimana 〖 F〗_hitung > F_tabel , maka ada pengaruh yang berarti antara model pembelajaran aktif (active learning) tipe lightening the learning climate dan pretasi belajar siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,844 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara model pembelajaran aktif (active learning) tipe lightening the learning climate dan prestasi belajar siswa. Kemudian koefisien determinasi r^(2 ) = 0,7127 atau 71,27% yang artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran aktif (active learning) tipe lightening the learning climate sebesar 71,27% adapun yang lainnya dipengaruhi faktor lain. Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Lightening The Learning Climate diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/438
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback