Analisis Penggunaan Model Student Facilitator and Expaining dalam
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan metode deskriptif analisis. Penelitian ini tidak melakukan penelitian langsung kelapangan melainkan penelitian kepustakaan atau sumber data diambil dari skripsi, jurnal dan buku. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model student facilitator and explaining dan materi yang digunakan yaitu teks eksplanasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis penggunaan model student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, yang sumber datanya dari skripsi, jurnal, buku dan penelitian sebelumnya. Peneliti akan memilih, memfokuskan dan menyimpulkan hasil yang sudah di dapat dari penelitian sebelumnya. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan dan menemukan temuan baru. Hasil analisis penggunaan model student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi lebih efektif dalam hasil menulis teks ekplanasi dibandingkan tanpa menggunakan model student facilitator and explaining. Penelitan ini menganalisis materi yang sama yaitu teks eksplanasi dengan model pembelajaran yang berbeda. Model yang digunakan yaitu model student facilitator and explaining dan model student teams achieviemen division. Dari kedua model ini terdapat hasil yang menunjukkan model mana yang lebih efektip atau mendapatkan hasil yang lebih banyak. Model student facilitator and explaining dalam pembelajaran menulis teks ekplanasi mendapat nilai rata-rata 79,48 sedangkan model student teams achieviemen division dalam pembelajaran menulis teks ekplanasi mendapat nilai rata-rata 78,45. Kedua model ini memang efektif dalam menulis teks eksplanasi namun model student facilitator and explaining lebih banyak mendapatkan hasil dalam menulis teks ekplanasi.