• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Hotnyda Silaen.pdf (294.6Kb)
    Date
    2014-09-22
    Author
    Silaen, Hotnida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan penelitian ini adalah “ rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Sisa Kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Muara pada pokok bahasan yang berlokasi di Desa Aritonang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 30 dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada pokok bahasan Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar obsevasi untuk melihat bagaimana model pembelajaran dilaksanakan dan test untuk melihat kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data tes hasil belajar. Dari hasil analisa data tes hasil belajar diperoleh data tes pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak (41,93%) meningkat pada siklus II sebanyak siswa (87,09%) atau mengalami peningkatan sebesar 45,16%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri Muara pada pokok bahasan Arimatika sosial Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation dapat digunakan sebagai Alternatif dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/436
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback