Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah “ rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Sisa Kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Muara pada pokok bahasan yang berlokasi di Desa Aritonang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 30 dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara pada pokok bahasan Aritmatika Sosial Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar obsevasi untuk melihat bagaimana model pembelajaran dilaksanakan dan test untuk melihat kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data tes hasil belajar.
Dari hasil analisa data tes hasil belajar diperoleh data tes pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak (41,93%) meningkat pada siklus II sebanyak siswa (87,09%) atau mengalami peningkatan sebesar 45,16%.
Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri Muara pada pokok bahasan Arimatika sosial Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation dapat digunakan sebagai Alternatif dalam pembelajaran matematika.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]