dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Circuit Learning Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Puisi Di Kelas X SMA Negeri 1 Brandan Barat Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 179 siswa. Maka sampel yang diambil sebanyak 37 siswa.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini berupa tes penugasan yang dilakukan dua kali yakni pada pretest dan posttest. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengjian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah penugasan yaitu menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji “t”.
Setelah hasil thitung diperoleh, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, df = (37-1) maka df 36 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,78. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ftabel yaitu 6,30>1,78 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Model Circuit Learning efektif terhadap kemampuan siswa menulis puisi di kelas X SMA Negeri 1 Brandan Barat tahun pembelajaran 2019/2020. | en_US |