Pengaruh Penerapan Teknik Dictogloss terhadap kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Teknik Pembelajaran
Terhadap Kemampuan menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Negeri 37
Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020” dengan menerapkan teknik Pembelajaran Teknik Dictogloss. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari dari delapan kelas dengan keseluruhan populasi kelas VIII yaitu 256 siswa. Dari Populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 64 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara Simple Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa teks penugasan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran Terhadap Kemampuan menulis teks persuasi siswa di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran
2019/2020.
Dari analisa yang diperoleh hasil data siswa dari kelas Kontrol menggunakan metode pembelajaran konvesional menunjukkan bahwa memiliki kategori cukup mampu dengan memperoleh nilai rata-rata 62,31, serta kemampuan siswa dalam dari kelas eksperimen dengan menggunakan Teknik dictogloss memiliki kategori mampu dengan memperoleh nilai rata-rata 75,90. Berdasarkan uji normalitas hasil postestt dinyatakan berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung = 24,761 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% = 1,99897 (tabel). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwat hitung > t tabel
24,761 > 1,99897. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan Teknik Dictoglos sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa menulis teks persuasi.