Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Siswa Menganalisis Isi dan Kebahasaan Drama yang Dibaca di Kelas XI SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Siswa Menganalisis Isi dan Kebahasaan Drama yang Dibaca di Kelas XI SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Cinta Rakyat Duynhoven Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan keseluruhan populasi kelas X yaitu 160 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel yaitu satu kelas sebanyak 32 siswa yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas XI IPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa soal penugasan yang dilakukan pada pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung >ttabel (10,372>2000). Dengan demikian hipotesis nihil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menganalisis isi dan kebahasaan drama.