Hubungan Kemampuan Pemahaman Monotransitif Terhadap Kemampuan Menulis kalimat petunjuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Merek T.A 2015/2016.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Pola Kalimat Monotransitif Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Petunjuk Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Merek Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah 43.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Monotransitif dan Menulis kalimat petunjuk. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda dan penugasan menulis kalimat petunjuk.
Uji hipotesis penelitian digunakan uji statistik parametrik yaitu rumus korelasi product moment(r_xy):
r_xy= (N ∑▒〖XY- (∑▒X)(∑▒Y) 〗)/√({N∑▒X^2 - (∑▒X)^2 }{N∑▒Y^2-(∑▒Y)^2 } )
Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑▒X=3170, x ̅=74, SD= 7,9 dan data Y diperoleh ∑▒Y= 3230, y= 75,1, SD= 11,1. Dari perhitungan r_xy di konsultasikan dengan r tabel signifikan=0,301 dengan N= 43 yaitu 0,905> 0,301, maka Ha diterima. Hal ini berarti terdapat Hubungan Pemahaman Pola Kalimat Monotransitif Terhadap Kamampuan Menulis Kalimat Petunjuk Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Merek Tahun Pelajaran 2015/2016.