Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Musik Tiup di Jurusan Seni Musik Non Klasik SMK Ris MAduma Sumbul.
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Musik Tiup di Jurusan Seni Musik Non Klasik SMK Ris MAduma Sumbul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran musik tiup yaitu Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Metode pembelajaran tutor sebaya dapat diartikan sebagai metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi dan nilai akademik yang baik untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan pada siswa yang lain untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya anak didik mampu membaca notasi musik dan memainkan lagu. Selain itu dapat juga dilihat melalui berbagai prestasi yang telah diraih anak didik seperti tampil dalam acara Batak Fiesta 2 yang diselenggarakan Tongam Sirait di hotel Grand Antares Medan, bermain musik di acara turnamen bulu tangkis Piala KAJARI Dairi. Selain itu siswa juga selalu dipercaya dalam mengiringi upacara penaikan bendera di Kecamatan Sumbul setiap perayaan hari ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Collections
- Sastra Inggris [122]