Efektivitas strategi rantai kejadian terhadap kemampuan siswa menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Vanduynhoven Saribudolok tahun pembelajaran 2014/2015.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi rantai kejadian terhadap kemampuan siswa menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Vanduynhoven Saribudolok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 orang.
Rumusan masalah adalah bagaimana efektivias metode ceramah dan strategi rantai kejadian jika digunakan guru dalam pembelajaran menulis karangan narasi kepada siswa kelas X SMA Van Duynhoven Saribudolok Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode eksperimen dan menggunakan strategi rantai kejadian dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi. Instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Data yang diperoleh dianalisis dengan nilai rata-rata menulis karangan narasi di kelas eksperimen adalah 80,92 berada pada ketegori baik, sedangkan untuk menulis paragraf argumentasi di kelas kontrol adalah 68,94 berada pada kategori kurang baik.
Pada taraf nyata ɑ = 0.05 dengan jumlah sampel 38 orang didapat = 0,10, Setelah harga r direkomendasikan terhadap ternyata > atau 9,2 > 0,10, maka memenuhi kriteria pengujian hipotesis dengan berarti ada hubungan antara kemampuan menulis karangan narasi maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis Nihil (Ho) ditolak.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa strategi rantai kejadian efektif digunakan dalam menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Van Duynhoven Saribudolok Tahun Pembelajaran 2014/2015.