• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Ruth Marista Sihombing.pdf (259.7Kb)
    Date
    2014-08-30
    Author
    Sihombing, Ruth Marista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas model pembelajaran Kolb terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 100 orang, dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X-TKJ 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas X-MP 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik cluster sampling (acak kelas). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yang melibatkan dua kelas diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran Kolb dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model Kolb. Instrumen yang digunakan adalah test penugasan yang menugaskan siswa untuk menulis paragraf argumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji beda dengan menggunakan rumus uji “t”. Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran Kolb menunjukkan nilai rata-rata 80,96 dengan kategori sangat baik sedangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi tanpa menggunakan model Kolb menunjukkan nilai rata-rata 54,60 dengan kategori kurang baik. Hal ini dapat dikatakan model pembelajaran Kolb efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi dimana pada pengujian hipotesis, yaitu thitung > ttabel (16,27> 1,67) telah membuktikan bahwa Ha (Hipotesis Alternatif) diterima.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/416
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback