EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas model pembelajaran Kolb terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 100 orang, dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X-TKJ 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas X-MP 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik cluster sampling (acak kelas).
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yang melibatkan dua kelas diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran Kolb dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model Kolb. Instrumen yang digunakan adalah test penugasan yang menugaskan siswa untuk menulis paragraf argumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji beda dengan menggunakan rumus uji “t”.
Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran Kolb menunjukkan nilai rata-rata 80,96 dengan kategori sangat baik sedangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi tanpa menggunakan model Kolb menunjukkan nilai rata-rata 54,60 dengan kategori kurang baik. Hal ini dapat dikatakan model pembelajaran Kolb efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi dimana pada pengujian hipotesis, yaitu thitung > ttabel (16,27> 1,67) telah membuktikan bahwa Ha (Hipotesis Alternatif) diterima.