• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    . Pengaruh Model PBI (Problem Based Introduction) terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi. Medan: FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen.

    Thumbnail
    View/Open
    Dora.pdf (496.6Kb)
    Date
    2017-02-05
    Author
    Panjaitan, Dora
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model PBI (Problem Based Introduction) Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 berjumlah 245. Sampelnya ada 37 siswa dengan menggunakan Random Sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes untuk menulis teks pidato dengan tema “Kebersihan Lingkungan”. Data skor berupa skor hasil menulis siswa berdasarkan aspek penilaian teks pidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Postest Design dan instrumen penelitiannya adalah menulis teks pidato yang berbentuk tes penugasan. Untuk melihat Pengaruh Model PBI (Problem Based Introduction) terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato akan diuji dengan menggunakan statistik “t”. Data yang diperoleh dianalisis dengan mencari Mean (nilai rata­rata) yaitu dengan menggunakan rumus : Mx = (∑▒x)/N untuk variabel x hasilnya 51,81 dan rumus My = (∑▒y)/N untuk variabel y hasilnya adalah 74,43. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa nilai tes posttest lebih tinggi dari nilai pretest Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji “t” dengan rumus. t = (¯x_(1^ )-¯x_(2^ ))/(S√(1/n_1 )+1/n_2 ) Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk (n1 + n2) – 2= (37+37-2) = 72. Maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,66629. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (9,15 > 1,66629) oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model PBI (Problem Based Introduction) lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/411
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback