• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penggunaan Media Film Pendek Terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa Menganalisis Unsur-Unsur Intrinsik Drama di Kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Kartika W. Sinaga.pdf (228.9Kb)
    Date
    2020-03-20
    Author
    SINAGA, KARTA W.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswamengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama dengan menggunakan media Film Pendek di kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jumlah sampel sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essay untuk mengetahui efektivitas media film pendekterhadap peningkatan kemampuan siswadalam mengidentifikasiunsur-unsur intrinsik drama di kelas VIII SMP Swasta Budi Murni 3 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Data hasil penelitian pretest mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama sebelum menggunakan media film pendek memperoleh rata-rata 65,17 dan data hasil penelitian posttest mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama sesudah menggunakan media film pendek memperoleh rata-rata 76,5. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji “t” dan perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung 4,74, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = (n1 + n2) – 2 = 58. Di dalam tabel dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan harga ttabel = 2.00. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel = 4.74 >2.00 Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empiris bahwa presentasi belajar siswa sesudah menggunakan media film pendek terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik drama efektif dibandingkan sebelum menggunakan media film pendek terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur instrinsik drama.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4030
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback