Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.”. Jumlah Populasi sebanyak 256 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan dalam menulis teks ulasan cerpen sebelum menggunakan model Cooperative Script pada pretest memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 48,87 serta kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan dalam menulis teks ulasan cerpen sesudah menggunakan model Cooperative Script pada postest memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 80. Berdasarkan uji normalitas hasil postest dinyatakan berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 21,80 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% = 1,99(ttabel). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa thitung> ttabel = 21,80 >1,99. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Script lebih efektif dibandingkan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan TahunAjaran 2019/2020.