• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Sari Simangunsong.pdf (232.9Kb)
    Date
    2020-03-10
    Author
    Simangunsong, Yunita Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.”. Jumlah Populasi sebanyak 256 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan dalam menulis teks ulasan cerpen sebelum menggunakan model Cooperative Script pada pretest memiliki kategori kurang dengan memperoleh nilai rata-rata 48,87 serta kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan dalam menulis teks ulasan cerpen sesudah menggunakan model Cooperative Script pada postest memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 80. Berdasarkan uji normalitas hasil postest dinyatakan berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 21,80 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% = 1,99(ttabel). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa thitung> ttabel = 21,80 >1,99. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Script lebih efektif dibandingkan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran menulis teks ulasan cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan TahunAjaran 2019/2020.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4029
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback