• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI PERBANDINGAN

    Thumbnail
    View/Open
    Metode Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR), Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (847.8Kb)
    Date
    2018-07
    Author
    Antasari Sinaga, Juli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswapada materi Perbandingan di kelas VIISMP Negeri 1 Siantar T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dengan populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMP Negeri 1 SiantarT.P. 2014/2015 yang terdiri dari 158 siswa dan sebagai sampel penelitian adalah 39 siswa.Berdasarkan hasil analisis data didapat bahwauntuk tes yang dilakukan dengan pengaruh metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR)diperoleh Lo = 0,1269, dengan = 0,01 dan N = 39 diperoleh Ltabel = 0,1652, ternyata Lo< Ltabel. Sedangkan untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh Lo = 0,1581, dengan = 0,01 dan N = 39 diperoleh Ltabel = 0,1652, ternyata Lo< Ltabel. Dari hasil perhitungan diperoleh Lo< Ltabel atau dengan kata lain bahwa kedua data yang digunakan adalah berdistribusi normal. Untuk ketelitian analisis, peneliti menggunakan uji linieritas regresi dengan menggunakan daftar Analisis Varians (ANAVA) melalui uji F, ternyata regresi X dan Y mempunyai hubungan yang linier, sehingga tidak perlu mencari model yang bukan linier. Dimana hubungan regresi antara X dan Y dapat ditunjukkan dengan persamaan regresi Yˆ = 0,77 + x. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan ujiindependensi. Dengan menggunakan = 0,01, dk pembilang 1 dan dk penyebut 37 dari daftar sebaran F diperoleh Fhit = 47,74 dan Ftab = 7,3892, sehingga Fhit> Ftab. Jika hasil ini dibandingkan dengan uji korelasi diperoleh thit = 6,937 dan ttabel = 2,451 sehingga thit > ttabel, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Taraf pengaruh antara variabel ditentukan dengan koefisien korelasi ( r = 0,752), sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya ditentukan dengan koefisien determinasi dan setelah dihitung (lampiran 18) diperoleh r2 = 0,563 atau dapat dikatakan koefisien determinasi = 56,3%. Ini berarti bahwa metode pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR)mempunyai pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3879
    Collections
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan [67]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback