• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Lain-lain
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Lain-lain
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana di Sekolah Dasar (4.417Mb)
    Date
    2014-10-10
    Author
    Gultom, Sanggam P
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat peraga sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD. Dalam penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan mahasiswa akhir yang akan menyelesaikan studinya di jurusan pendidikan dasar. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Kelas III, IV, V pada sekolah dasar dengan pendekatan pada proses pembelajaran yang berbeda, yaitu untuk Kelas III pendekatan inkuiri, Kelas IV pendekatan siklus belajar, sedang Kelas V adalah pendekatan keterampilan proses. Dari pelaksanaan tindakan dengan pendekatan tersebut, ternyata secara umum terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membangun konsep berdasarkan pengalaman yang mereka lakukan melalui kegiatan praktek, sedangkan sebagai dampak iringan dari proses belajar mengajar dengan pendekatan tersebut, antara lain siswa menjadi percaya diri karena mereka sudah dapat menyampaikan argumentasi yang berbeda dengan mengemukakan alasannya, juga suka bertanya dan lebih terampil dalam melakukan kegiatan praktek terutama perubahan sikap.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3811
    Collections
    • Lain-lain [137]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback