• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Konvensionalyang Diawalidan Diakhiridengan Pemberian Motivasi Terhadap Minatdan Hasil Belajar Siswadi Kelas VIII SMPNegeri 4 Lintongnihuta T.P 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Nina Situmorang.pdf (527.8Kb)
    Date
    2017-09-22
    Author
    Situmorang, Nina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran konvensional yang diawali dan diakhiri terhadap minat dan hasil belajar siswa. Populasipenelitianiniadalahsiswa kelas VIII SMP Negeri 4Lintongnihuta.Sampelterdiridari30 orang yaitusiswa kelas VIII-6 sebagaikelaseksperimen.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendengan instrument berupatesuraian yang telah valid denganreliabilitas yaitu 0,4567 dengan jumlahsoalsebanyak 10 butir.Berdasarkan nilai minat siswa diperoleh persamaan regresi sederhana sebesar Y ̂ = 17,5219 + 0,7796X, nilai b = 0,7796 artinya jika pembelajaran konvensional terdapatminat belajar siswa bertambah sebesar 1 satuan akan meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,7796. Untuk uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung<Ftabelatau 17,69> 2,45, artinya terdapat hubungan yang linear dan berarti antara metode Pembelajaran konvensionaldengan pemberian motivasi terhadap minat belajar siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi dengan diperolehsebesar 0,8574artinya ada hubungan yang cukup kuat antara metode pembelajaran konvensional yang diawali dan diakhiri dengan pemberian motivasi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajarsiswa diperoleh persamaan regresi sederhana sebesar Y ̂ = 0,5665 + 0,9318X, nilai b = 0,9318 artinya jika pembelajaran konvensional yang diawali dan diakhiri dengan pemberian motivasi terhadap hasil belajar siswa bertambah sebesar 1 satuan akan meningkatkan hasil belajarsiswa sebesar 0,9318. Untuk uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung<Ftabelatau 0,9762< 2,45, artinya terdapat hubungan yang linear dan berarti antara metode pembelajaran konvensionalyang diawali dan diakhiri dengan pemberian motivasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh0,8599artinya ada hubungan yang cukup kuat antara metode pembelajaran konvensional yang diawali dan diakhiri dengan pemberian motivasi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar0,7355 yang artinya ada pengaruh metode pembelajaran konvensional yang diawali dan diakhiri dengan pemberian motivasi terhadap minat dan hasil belajar siswa yakni sebesar 73,55%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/377
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback