• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Gallery Walk Berbantuan LKS dan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Di Kelas X SMAN 1 Bandar Perdagangan T.A 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Mariani Sitanggang.pdf (297.9Kb)
    Date
    2017-08-25
    Author
    SITANGGANG, Mariani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas X SMAN 1 Bandar Perdagangan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X-6 SMAN 1 Bandar Perdagangan berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II. Nilai rata-rata observasi guru di siklus I 3.05 dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3.76 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I 46.89% dengan kategori aktif, sedangkan pada Siklus II sebesar 84.37% pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada kemampuan pemecahan masalah pada tes awal 44.89% setelah diberi tindakan meningkat menjadi 68.75% di siklus I dan menjadi 90.63% di siklus II, sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal diperoleh 48.425% meningkat menjadi 65.5% di siklus I dan 84.3% di siklus II. Ketuntasan belajar individual meningkat untuk kemampuan pemecahan masalah dimana tes awal hanya 4 orang memperoleh nilai ≥ 65, pada pos tes I meningkat menjadi 22 orang, pada pos tes II meningkat menjadi 30 orang, sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis pada tes awal terdapat 7 orang yang mendapat nilai ≥ 65, pada pos tes I meningkat menjadi 20 orang, pada pos tes II meningkat menjadi 27 orang. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada tes awal adalah 44.89 meningkat menjadi 63.022 di siklus I dan 76.362 di siklus II, sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal adalah 48.425 meningkat menjadi 68.5 pada siklus I dan 75.6 pada siklus II. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Gallery Walk berbantuan LKS dan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa di kelas X SMAN 1 Bandar Perdagangan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/372
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback