• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MODEL SOI (SELECTING, ORGANIZING, DAN INTEGRATING) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ESAI

    Thumbnail
    View/Open
    PDF L.b.3 Jurnal Suluh September 2017_compressed.pdf (2.222Mb)
    Date
    2017-09
    Author
    Sitorus, Pontas Jamaluddin
    Siagian, Beslina Afriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, yakni eksperimen semu dengan desain one group pretest-postest. Desain tersebut hanya melihat hasil belajar mahasiswa dalam menulis esai sebelum dan sesudah penggunaan perlakuan dengan pendekatan saintifik berbasis model SOI. Subyek penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 28 orang. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan menulis esai. Tes tersebut dibuat dalam bentuk uraian, dengan sepuluh aspek penilaian dengan pertimbangan yang dijelaskan dalam pemaparan teori. Berdasarkan rubrik penilaian yang terdapat dalam tes tersebut akan didapatkan nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar tersebut akan diuji dengan menggunakan uji normalitas Liliefors, menguji homogenitas data dengan uji homogenitas F, dan menguji hipotesis dengan uji-T. Dari hasil pengujian menggunakan program SPSS, nilai Sig. pretes 0,154 > 0,05 sedangkan Sig. postes 0,080 > 0,05. Kesimpulannya adalah dengan tingkat signifikansi 5% didapatkan kesimpulan bahwa pretes dan postes memiliki data berdistribusi normal. UJi hipotesis dengan T-test juga memperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan nilai pretes dengan nilai postes setelah menggunakan model SOI. Dengan demikian, model SOI berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran menulis esai mahasiswa semester empat Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3658
    Collections
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan [67]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback