• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Unpublished Articles
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INOVASI PENGEMBANGAN METODE DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT

    Thumbnail
    View/Open
    PDF L.b.2 Jurnal Suluh Maret 2017_compressed.pdf (2.844Mb)
    Date
    2017-03
    Author
    Siagian, Beslina Afriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran. Double Loop Problem Solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis. Penelitian ini membahas dua hal. Pertama, mengembangkan pembelajaran menulis teks anekdot dengan metode DLPS. Kedua, memfasilitasi bahan pembelajaran yang berorientasi pada kearifan lokal (nilai-nilai budaya) Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, yakni eksperimen semu dengan desain one group pretest-postest. Desain tersebut hanya melihat hasil belajar mahasiswa dalam menulis teks anekdot berbasis kearifan lokal sebelum dan sesudah penggunaan perlakuan dengan metode double loop problem solving. Subyek penelitian ini adalah sebagian populasi dari mahasiswa semester tiga pendidikan Bahasa Indonesia tahun ajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menemukan, presentasi kemampuan mahasiswa menulis teks anekdot sebelum menggunakan metode Double Loop Problem Solving adalah 17,6 % pada tingkat baik, 58,8% pada tingkat cukup, dan 23,5% pada tingkat kurang. Artinya, kemampuan mahasiswa tergolong pada tingkatan cukup. Setelah menggunakan metode Double Loop Problem Solving, kemampuan mahasiswa menunjukkan peningkatan yang signifikan yakni 14,7% pada tingkat sangat baik, 55,8% pada tingkat baik, dan 29,5% pada tingkat cukup. Artinya, mahasiswa yang dulu pada tingkat baik bergeser menjadi sangat baik, yang cukup menjadi baik, dan yang kurang menjadi cukup.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3657
    Collections
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan [67]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback