• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajarkan dengan Pendekatan Open-Ended berbantu Alat Peraga dan Yang Diajarkan dengan Pendekatan Ekspositori berbantu Alat Peraga pada Materi Operasi Bilangan Bulat dikelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Yulinar L.Gaol.pdf (501.8Kb)
    Date
    2017-09-22
    Author
    Lumban Gaol, Yulinar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan open-ended berbantu alat peraga, pendekatan ekspositori berbantu alat peraga dan konvensional pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan, dan dipilih tiga kelas yang menjadi sampel, yaitu : kelas VII C sebagai kelas eksperimen 1 diajarkan dengan pendekatan open-ended berbantu alat peraga, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan dengan pendekatan ekspositori berbantu alat peraga dan kelas VII A sebagai kelas kontrol diajarkan dengan konvensional. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata yang diajarkan dengan pendekatan open-ended berbantu alat peraga adalah 84,5, skor rata-rata yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori berbantu alat peraga adalah 77,4dan skor rata-rata yang diajarkan dengan konvensional adalah 63,53 Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians diperoleh F_hitung = 17,70 dan 〖 F〗_tabel= 3,10. Ternyata 〖 F〗_hitung>〖 F〗_tabel sehingga H0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari ketiga sampel tersebut. Karena H0 ditolak, maka dilanjut ke uji tukey. Dari perhitungan, diperoleh nilai Q_A = 9,24 dan 〖 Q〗_tabel=3,49 sehingga〖 Q〗_A>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas eksperimen 2, nilai Q_B = 27,30 dan 〖 Q〗_tabel=3,49 , sehingga 〖 Q〗_B>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas kontrol, dan nilai Q_C = 18,05 dan 〖 Q〗_tabel=3,49 sehingga〖 Q〗_C>〖 Q〗_tabel, maka H0 ditolak yang berarti kelas eksperimen 2 lebih baik dari pada kelas kontrol.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/365
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback