• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Bahan Ajar yang Dirancang dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kreativitas Matematis Siswa pada Pokok Bahasan SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Permatasai.pdf (364.1Kb)
    Date
    2017-07-25
    Author
    Keliat, Putri Permatasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar yang dirancang dengan model pembelajaran discovery learning efektif digunakan pada pokok bahasan SPLDV di kelas VIII-f SMP Negeri 37 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.P. 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini terdapat 25 orang siswa kelas VIII-f SMP Negeri 37 Medan. Dalam penelitian ini indicator efektivitas suatu model pembelajaran ditinajau dari aspek kesesuaian materi dengan model, penyampaian materi, komunikasi guru dengan siswa yang diperoleh dari observasi kemampuan guru mengajar, daya serap materi perorangan dan klasikal diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman matematis dan kreativitas matematis siswa, alokasi waktu yang diperoleh dari observasi kemampuan guru mengalokasikan waktu normal pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru mengajar dengan bahan ajar yang dirancang dengan model pembelajaran discovery learning diperoleh komulatif rata-rata pengamatan 4,11 atau berada dalam kategori baik. Sementara hasil tes kemampuan pemahaman matematis dan kreativitas matematis siswa diperoleh hasil daya serap perorangan. Daya serap dilihat dari ketuntasan perseorangan dan klasikal. Kentuntasan perseorangan terdapat 22 orang siswa yang tuntas dan 3 orang siswa tidak tuntas. Ketuntasan secara klasikal 88%, karena ketuntasan klasikal > 85% dari jumlah seluruh siswa dikelas maka, kelas VIII-f tuntas secara klasikal.. Begitu pula dengan hasil observasi waktu diperoleh rata-rata pengamatan pada pertemuan I dan pertemuan II 4,4 atau berada dalam kategori baik. Dengan analisis deskriftif setiap indikator ke efektifan dan dibandingkan dengan kemampuan guru mengajar maka bahan ajar yang dirancang dengan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan kreativitas matematis pada pokok bahasan SPLDV efektif digunakan di kelas VIII-f SMP Negeri 37 Medan T.A. 2016/2017
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/363
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback