Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Metode One Zero Knapsack Dengan Metode Ekspositori Pada Materi Pecahan Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Sibisa T.A 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode One Zero Knapsack pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sibisa T.A 2018/2019. (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode ekspositori pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sibisa T.A 2018/2019. (3) Untuk mengetahui pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan metode One Zero Knapsack lebik baik di bandingkan dengan menggunakan metode Ekspositori untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sibisa T.A 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sibisa T.A 2018/2019. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang terdiri dari kelas VII-A sebagai kelas control sebanyak 28 orang dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 orang.
Dari hasil analisis data diperoleh rataan = 76,44 dan = 74,18 untuk kelas eksperimen, serta rataan = 62,86 dan varians = 206,35 untuk kelas control, artinya rata-rata dan varians siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada varians siswa di kelas control. Untuk uji selisih dua rataan di peroleh thitung = 0,36 dan ttabel = 2,71 ternyata berada pada daerah kritik karena thitung < ttabel, sehingga rataan kedua sampel berbesa secara signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode One Zero Knapsack lebih baik dari pembelajaran metode ekspository terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sibisa T.A 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]