• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 1 Berastagi T.P. 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    Atania Christianti Br. Ginting.pdf (437.5Kb)
    Date
    2019-10-05
    Author
    Br. Ginting, Atania Christianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi kelas YIU SMP Negeri 1 Berastagi T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berastagi T.P 2019/2020. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VIII-1. Instrumen yang • digunakan adalah post-test basil belajar siswa dengan bentuk essay test yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktif siswa. Berdasarkan uji analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 16,230 + 0,783X, yang mana artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Sedangkan uji keberartian regresi diperoleh Fmtung > FTabel atau 267,916 > 4,17 maka Ha diterima sehingga ada keberartian yang berarti antara penggunaan model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk keberartian koefisien korelasi kemampuan komunikasi diperoleh ttabet = 2,04 dan thitung = 16,368 yang mana thitung > ttabet• Maka pengujian hipotesis tolak Ho dan Ha diterima, maka ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi didapat rhitung = 0,948 artinya ada hubungan yang sangat kuat/tinggi antara model pembelajaran dengan kemampuan yang dicapai. kemudian koefisien determinasi (r2)= 0,8993 atau sebesar 89,93% artinya kontribusi model pembelajaran pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi ajar fungsi sebesar 89,93% sehingga model pembelajaran dikatakan efektif digunakan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3593
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback