PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPDAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEBANG T.A 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang dapat meningkat Melalui pembalajaran PBL ( Problem Based Learning) T.A 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalaj Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yakni : (1) Perencanaan, (2) tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor akhir observasi aktivitas guru meningkat 2,80 (rendah) pada siklus I menjadi 3,20 (baik) pada siklus II. Begitu pula hasil skor akhir observasi aktivitas siswa meningkat dari 66,47 (rendah) pada siklus I menjadi 80,23 (baik) pada siklus II. Dari data diatas, diketahui bahwa indicator keberhasilan telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gebang.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]