Pengaruh Model Pembelajaran Example And Non-Example Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Relasi dan Fungsi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Adiankoting Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran matematika Example and Non-Example (ENE) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika serta untuk mengetahui mana yang lebih baik dengan model pembelajaran Example and Non-Example (ENE) dari pada pembelajaran Konvensional pada materi ajar relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Adiankoting dengan jumlah 30 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Hipotesis di uji dengan uji F dan uji T. Berdasarkan uji hipotesis maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran Example and Non-Example berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep di kelas VIII SMP Negeri 2 Adiankoting Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi relasi dan fungsi bentuk aljabar. (2) Model pembelajaran Example and Non-Example berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Adiankoting tahun ajaran 2017/2018 pada materi relasi dan fungsi bentuk aljabar. (3) Pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran Example and Non-Example terhadap kemampuan pemahaman konsep lebih baik dari pada tidak menggunakan model pembelajaran Example and Non-Example.(4) Pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran Example and Non-Example terhadap pemecahan masalah matematika siswa lebih baik dari pada tidak menggunakan model pembelajaran Example and Non-Example.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]