• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Penekanan Teori Vygotsky Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Herlianta Frebina.pdf (392.7Kb)
    Date
    2016-09-22
    Author
    Frebina, Herlianta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan Teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu, seluruh siswa kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh kelas VII-1 sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi sebesar 75,1668 sedangkan nilai rata-rata untuk post-test adalah 70,24. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh: Y ̂ = -11,8493 + 1,0921X, dari perhitungan diperoleh b bernilai positif sebesar 1,0921, artinya kedua variabel tersebut mempunyai hubungan linear yang positif. Pada uji keberartian regresi diperoleh, F_hitung > F_tabel atau 65,3161 > 4,28, artinya terdapat pengaruh yang berarti antara model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r^2 = 73,9572%, yang artinya adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan Teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sebesar 73,9572% dan sisanya 26,0428% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan Teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/351
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback