Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Penekanan Teori Vygotsky Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan Teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu, seluruh siswa kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh kelas VII-1 sebagai sampel penelitian.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari observasi sebesar 75,1668 sedangkan nilai rata-rata untuk post-test adalah 70,24. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh: Y ̂ = -11,8493 + 1,0921X, dari perhitungan diperoleh b bernilai positif sebesar 1,0921, artinya kedua variabel tersebut mempunyai hubungan linear yang positif. Pada uji keberartian regresi diperoleh, F_hitung > F_tabel atau 65,3161 > 4,28, artinya terdapat pengaruh yang berarti antara model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r^2 = 73,9572%, yang artinya adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan Teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sebesar 73,9572% dan sisanya 26,0428% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction dengan penekanan Teori Vygotsky terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Masehi Birubiru T. A. 2015/2016.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]