Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dan Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ3R Di Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan T.A 2015/2016.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan model pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) pada pokok bahasan Bangun Ruang Balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan T.A. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Medan T.A. 2015/2016. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen I (VII-A) dan kelas eksperimen II (VII-G). Instrumen yang digunakan adalah tes dengan bentuk esay yang telah dilakukan uji validasi instrumen.
Setelah dilakukan perlakuan yang berb eda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen I 74,07 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen II 58,17. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel berdidtribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uju t (α = 0,05). Dari hasil uji t disimpulkan ada perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R pada pokok bahasan Bangun Ruang Balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Collections
- Pendidikan Matematika [663]