PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MEME KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS EKSPOSISI DI KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media meme komik terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh media meme komik.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas x SMK N 8 Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 175 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel 25 orang. Dengan desain eksperime one group pretest-posttest. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan penugasan menulis teks eksposisi.
Dari analisis yang diperoleh pretest siswa seblum menggunakan media meme komik menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 56,6. Sedangkan hasil posttest sesudah menggunakan media meme komik menunjukkan nilai rata-rata yang di peroleh sebesar 84,76. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung 7,84 sedangkan nilai ttabel pada taraf siginifikan α = 5% adalah 1,67. Oleh sebab itu diperoleh thitung>ttabel (7,84>1,67) maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media meme komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksposisi.