PENERAPAN METODE DEBAT DAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASANPECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SILIMA PUNGGA-PUNGGA
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenggunaanmetode debat dan metode cooperative script meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswakelas VII SMPNegeri 1 Silima Pungga-Pungga.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjekdalampenelitianadalahpesertadidikkelas VII-1SMP Negeri 1 Silima Pungga-Punggatahunpelajaran 2016/2017.Penelitiandilakukandalamduasiklus, tiapsiklusnyaterdiridaritahapperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.
Setelah diberikan tindakan padasiklus I, untuk kemampuan komunikasi matematika siswa nilai individual mencapai 26orangdari36siswamencapaiketuntasanbelajar 65 sedangkan nilai klasikal mencapai 64.28% dan rata-rata kemampuan penalaran matematikamencapai 72.27%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai individual yaitu terdapat 32 siswa 65 telah tuntas dalam belajar,nilai secara klasikal meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II yaitu 89.9%. Rata-rata penilaian observasi siklus I yaitu 3.167 dalam kriteria cukupbaik padasiklus II meningkatmenjadi 3.61 dalam kriteria sangat baik.Dari hasilpenelitiansiklus I dansiklus II dapatdisimpulkanbahwametode debat dan metode cooperative script dalammeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswakelas VII SMPNegeri 1 Silima Pungga-Pungga.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]