• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Parmonangan

    Thumbnail
    View/Open
    Nopita Sentiana.pdf (345.8Kb)
    Date
    2016-09-22
    Author
    Panggabean, Nopita Sentiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategipembelajaran metakognitif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa kela VIII SMP Negeri 1 Parmonangan T.A. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parmonangan T.A> 2015/2016. Dengan teknik Sample Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-C). Instrumen yang digunakan adalah post-test yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi siswa dengan strategi metakognitif. Setelah dilakukan perlakuan, diperoleh nilai rata – rata kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran adalah 69,90 dengan standart deviasi 15,13. Sedangkan Metakognitif untuk observasi, rata – ratanya adalah 18,8 dengan standart deviasi 2,96. Hasil prasyarat data post-test menyatakan sampel berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi (α=0,05). Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh karena 1,2627<2,84 maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear dengan persamaan regresiY ̂= -7,442 + 4,099X maka kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Dari hipotesis regresi diperoleh 36,29> 4,28sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y. Kemudian dari koefisien korelasi diperoleh 6,004>2,09 ini berarti terdapat pengaruh yang sangat kuat antara strategi pembelajaran Metakognitif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika siswa selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh 63,0473 % artinya bahwa variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 63,0473 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran metakognitif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/348
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback