Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa dalam Pemahaman Konsep Barisan dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2018/2019
dc.contributor.author | Sidabutar, Febriani | |
dc.date.accessioned | 2019-12-02T03:20:37Z | |
dc.date.available | 2019-12-02T03:20:37Z | |
dc.date.issued | 2019-09-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3465 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw 1 lebih baik dari pada model pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep barisan dan deret aritmatika di kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Dimana pengambilan sampel dipilih dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1, kelas kedua sebagai kelas kontrol yang diajarkan oleh guru matematika dengan pendekatan Ilmiah serta masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dimana thitung > ttabel sehingga model pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw 1 lebih baik dari pada pendekatan ilmiah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2019/2020 | en_US |
dc.subject | Jigsaw 1, | en_US |
dc.subject | Pendekatan Ilmiah, | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep | en_US |
dc.title | Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Siswa dalam Pemahaman Konsep Barisan dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 2 Doloksanggul T.P. 2018/2019 | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Pendidikan Matematika [663]