• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong T.A. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Pariska Manik.pdf (315.7Kb)
    Date
    2019-09-20
    Author
    Manik, Pariska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong T.A. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik yang diperoleh dengan teknik random sampling pada peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data diberikan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai tes kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Tes yang diberikan terdiri dari 4 soal bentuk uraian. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 75,45 dengan standar deviasi 10,3 dan nilai rata-rata observasi 74,42 dengan standar deviasi 8,4. Berdasarkan nilai kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh persamaan regresi, Y ̂=1,46+0,98X, artinya setiap kenaikan pembelajaran menggunakan model pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah sebesar 1 satuan akan meningkatkan penalaran matematis siswa sebesar 0,98 satuan. Hasi perhitungan koefisien determinasi diperoleh r^2= 65% artinya bahwa pengembangan kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi oleh model pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah sebesar 65% sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pencapaian konsep dengan pendekatan ilmiah dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3463
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback