• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PengaruhPemberianBahan Ajar BerbasisPendekatan MatematikaRealistikterhadapKemampuan PemahamanMatematisdanPemahaman KonsepSiswaKelas VIII SMP Negeri 19 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Laura.pdf (504.4Kb)
    Date
    2016-09-22
    Author
    Sitorus, Laura Sinta Bella
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPengaruh Pemberian Bahan Ajar BerbasisPendekatanMatematikaRealistikterhadapKemampuanPemahamanMatematisdanPemahaman KonsepSiswaKelas VIII SMP Negeri 19 Medan. Jenispenelitianiniadalaheksperimendenganpopulasipenelitianyaituseluruhsiswakelas VIII SMP Negeri 19 Medan T.A 2016/2017. DenganteknikSimple Random Sampling, diperolehsampelpenelitiankelaseksperimen (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentukuraian yang telah dilakukanujivalidasi instrument serta lembar observa sisiswa. Setelah dilakukan perlakuan, diperolehnilai rata-rata post-testpemahamanmatematisdanpemahamankonseppadakelaseksperimen 21,8dan 22,43 denganstandardeviasi3,99 dan 3,68. Hasilujiprasyarat data post-testmenyatakansampelberdistribusi normal. Olehkarena data berdistribusi normal makadilanjutkandenganujikelinieranregresidanujihipotesis data post-testpemahamanmatematisdanpemahamankonseppadasampeldiperolehFhitung= 1,45dan 1,22, makaFhitung<FtabelmakaHa diterimamakaartinya model regresi linear, maka di lanjutkankeujihipotesisyaituujikeberartianregresidandiperolehFhitungpemahamanmatematisdanpemahamankonsep 9,18dan 5,08 denganFtabel = 4,20. DengandemikiankarenaFhitung>FtabelmakaHa diterima, denganpersamaanregresinyaadalah:Y ̂ = 11,24 + 0,62 XdanY ̂ = 14,76 + 0,45 XsehinggavariabelXmempunyaipengaruh yang berartiterhadapvariabelY1danY2. Berdasarkanhasilperhitungankoefisiendeterminasipemahamanmatematisdanpemahamankonsepdiperolehr^2=23% dan 14 %, yang berartibahan ajar berbasismatematikarealistikterhadapkemampuanpemahamanmatematismempunyaipengaruhsebesar 23% dan pemahaman konsep 14%,sedangkansisanya 77% dan 86%dipengaruhiolehfaktor lain. Sehinggadisimpulkanbahwaterdapatpengaruhantarabahan ajar berbasispendekatanmatematikarealistikterhadapkemampuanpemahamanmatematisdanpemahamankonsepsiswakelas VIII SMP Negeri 19 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/346
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback