• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dibantu Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga

    Thumbnail
    View/Open
    Diska Br. Ginting.pdf (323.1Kb)
    Date
    2019-09-10
    Author
    Br. Ginting, Diska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran model pembelajaran Snowball Throwing dibantu alat peraga terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Tigabinanga Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data dengan Observasi dan Test. Sebelum di uji cobakan kepada siswa terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk (pemahaman konsep) yaitu:Y ̂=23,025+0,725 X, sedangkan untuk (pemecahan masalah matemati siswa) persamaan regresinya: Y ̂=15,405+0,808 X. Pada persamaan regresi kedua kemampuan tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya bahwa ketiga variabel mempunyai hubungan linier yang positif. Dari uji keberartian regresi (pemahaman konsep) diperoleh 18,525 > 4,17 maka Ha diterima sehingga variable X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan untuk (pemecahan masalah matematis siswa) diperoleh 15,36 >4,17 maka Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y2. Hasil perhitungan koefisien korelasi pada pemahaman konsep r = 0,618 dan pemecahan masalah matematis siswa r = 0,583 berarti hubungan pendekatan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa adalah sedang. Dari uji keberartian koefisien (pemahaman konsep) diperoleh Fhitung = 4,307 dan (pemecahan masalah matematis siswa) Fhitung = 3,929 dan Ftabel = 2,042. Untuk kemampuan pemahaman konsep Fhitung > Ftabel maka Ha diterima yang berarti ada hubungan yang berarti pada X terhadap Y1. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah Fhitung > Ftabel maka Ha diterima, maka ada hubungan yang berarti pada Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Koefisien determinasi pada hubungan model pembelajaran Snowball Throwing (X) terhadap kemampuan berpikir kreatif (Y1) diperoleh r2 = 38,17% dan koefisien determinasi pada hubungan pendekatan model pembelajaran Snowball Throwing (X) terhadap pemecahan masalah matematis siswa (Y2) diperoleh r2 = 33,87% dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah sehingga model pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3458
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback