Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Model Penemuan Terbimbing (discovery learning) Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP N 2 Gebang T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Penemuan Terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Ktitis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebang. Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II. Nilai rata-rata observasi guru di siklus I 3 dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3.5 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata observasi peserta didik pada siklus I 63,75% dengan kategori aktif, sedangkan pada Siklus II sebesar 66,875% pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal kemampuan pemahaman konsep pada siklus I sebesar 12.5%, dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal pemahaman konsep meningkat sebesar 80% . Ketuntasan belajar individual pada siklus I kemampuan pemahaman konsep hanya 16 orang peserta didik dan kemampuan berfikir kritis hanya 16 orang yang memperoleh nilai ≥ 70, dan pada siklus II meningkat menjadi 28 orang untuk pemahaman konsep dan 29 untuk kemampuan berfikir kritis yang memperoleh nilai ≥ 70. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Penemuan Terbimbing (discovery learning) dengan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berfikir kritis matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gebang.
Collections
- Pendidikan Matematika [674]