• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Model Penemuan Terbimbing (discovery learning) Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP N 2 Gebang T.P. 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Herlina Juningsih Silalahi.pdf (306.3Kb)
    Date
    2019-09-01
    Author
    Silalahi, Herlina Juningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Penemuan Terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Ktitis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebang. Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gebang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II. Nilai rata-rata observasi guru di siklus I 3 dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3.5 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata observasi peserta didik pada siklus I 63,75% dengan kategori aktif, sedangkan pada Siklus II sebesar 66,875% pada siklus II. Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal kemampuan pemahaman konsep pada siklus I sebesar 12.5%, dan pada siklus II ketuntasan belajar klasikal pemahaman konsep meningkat sebesar 80% . Ketuntasan belajar individual pada siklus I kemampuan pemahaman konsep hanya 16 orang peserta didik dan kemampuan berfikir kritis hanya 16 orang yang memperoleh nilai ≥ 70, dan pada siklus II meningkat menjadi 28 orang untuk pemahaman konsep dan 29 untuk kemampuan berfikir kritis yang memperoleh nilai ≥ 70. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Penemuan Terbimbing (discovery learning) dengan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berfikir kritis matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gebang.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3456
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback